Iklan 300x250

Cara Kerja Oven Microwave

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.


Ada Kompor berbentuk mirip Televisi. Tanpa nyala api, ia dapat memanaskan apapun. Inilah tungku gelombang mikro, alias Microwave Oven. Yuk simak cara kerjanya.

Oven Microwave menggunakan berbagai rangkaian kabel dan mesin untuk menghasilkan dan mengatur keluarnya energi saat memanaskan dan memasak.

Sistem kerja Oven Microwave terbagi menjadi dua bagian  penting, yaitu bagian pengatur dan bagian bertegangan tinggi.

Bagian pengatur terdiri dari timer (pengukur waktu), yaitu sistem yang mengatur atau mengolah daya, menyambungkan satu dengan yang lainnya, dan melindunginya. Komponen yang bertegangan tinggi mengendalikan tegangan listrik di rumah menjadi tegangan tinggi. Tegangan tinggi itu kemudian diubah menjadi tegangan tinggi. Tegangan tinggi itu kemudian diubah menjadi energi panas Microwave.

Listrik dari saklea listrik mengalir masuk ke oven melalui sebuah sekring. Sekring ini melindungi oven saat terjadi hubungan arus pendek (korsleting) atau terjadi panas yang berlebihan.

Saat normal, listrik melewati interlock dan rangkaian timer. Sewkatu pintu oven tertutup, bagian arus listrik mengalir melalui satu tombol interlock. Pemasangan pengatur wakti di oven saat mulai memasak memberikan sedikir tegangan ke rangkaian pengatur.

Biasanya, Sistem pengatur merupakan salah satu komponen listrik yang disebut triac.

Agar semua sistem berjalan, rangkaian pengatur memberi tanda agar triac aktif. Sehingga dapat menentukan tegangan arus listrik yang menuju trafo.

Pengaturan On/Off adalah untuk mengatur tegangan ke trafo, mengatur on/off pada magnetron, dan tenaga dikeluarkan oleh oven microwave.

Dalam bagian bertegangan tinggi, trafo berada dekat diode dan kapasitor yang menyuplai arus listrik di rumah, yang berkisar 115 volt, menjadi tegangan sekitar 3.000 volt. Tegangan yang sangat berbahaya, bahkan mematikan bagi manusia. Dan oleh Magnetron, tegangan tinggi tersebut dirubah menjadi gelombang elektromagnetik untuk memasak.

Energi dari gelombang mikri dipancarkan melalui rongga dari logam yang disebut Wave guide, lalu mengalir ke semua bagian dengan bantuan putaran pisau pengaduk.

Beberapa model menggunakan tipe antena berputar, atau dalam sebuah wadah berbentuk korsel yang berputar. Energi Microwave tersebar merata dan menjangkai semua permukaan makanan dari berbagai arah.

Semua energi microwave yang tersisa masuk ke lubang pembuangan. Ketika pintu dibuka, atau saat waktu sudah menunjukan angka nol, microwave berhenti beroperasi-sama seperti ketika memencet knop lampu yang membuat mati cahaya lampu.

Sumber: Sigma

0 Response to "Cara Kerja Oven Microwave"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel