Iklan 300x250

Benteng Belgica

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

Ilustrasi Benteng Belgica

Banyak bangunan bersejarah di kepulauan ini, karena pernah diduduki bangsa Belanda dan Portugis. Salah satu bangunan bersejarah di pulau ini adalah Benteng Belgica, yang dibangun pada tahun 1611 oleh Gubernur Jenderal VOC pertama, Pieter Both. Letaknya di atas perbukitan Tabaleku, di sebelah barat Pulau Naira, pada ketinggian 30,01 meter dari permukaan laut.

Benteng ini memiliki keunikan, yaitu bentuknya persegi lima dan berada diatas bukit. Jika dilihat dari udara, tampak seperti bintang . Uniknya lagi jika dilihat dari seluruh penjuru, benteng ini seolaholah hanya memiliki empat sisi.

Untuk memasukinya, harus menggunakan jembatan yang dapat diangkat. Di bagian tengah benteng terdapat sebuah ruang terbukan luas yang digunakan para tahanan. Di tengah ruang terbuka tersebut terdapat dua buah sumur rahasia yang konon menghubungkan benteng dengan pelabuhan dan Benteng Nassau yang berada ditepi pantai.

Dahulu, benteng ini digunakan sebagai benteng pertahanan, kemudian beralih fungsi untuk memantau lalu lintas kapal dagang. Benteng ini kemudian diperbesar pada 1622 oleh J.P. Coen. Kemudian, tahun 1667 diperbesar lagi oleh Komisaris Cornelis Speelman. Pada tahun 1911 Gubernur Jenderal Craft van Limburg Strium memerintahkan agar benteng dipugar.

Pada setiap sisi benteng terdapat sebuah menara. Untuk menuju puncak menara tersedia tangga dengan posisi nyaris tegak dan lubang keluar yang sempit. Dari puncak menara ini wisatawan dapat menikmati panorama sebagian daerah Kepulauan Banda.

0 Response to "Benteng Belgica"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel